Tailor Queen, BUKAN kakaknya Taylor Swift

Bismillahirrahmanirrahim

Gila aja lu ada program belajar menjahit sampe mahir cuma 1 juta aja. Uda curiga banget dari awal. Apalagi pas nanya nanya di whatsapp kok adminnya kayak maksa gitu buat gabung mana diburu buru lagi. Tertarik sih tapi kok ragu ya? Hmm datang langsung aja deh ke kantornya biar liat beneran nyata apa cuma fiktif. Sehari sebelum ultah Yoongi (kebetulan hari itu habis libur terus malamnya masuk kan jadi masih bisa kelayapan siang siang) datanglah aku kesana. Eh beneran ada donk, ada kantor ada orangnya juga. Nanya nanya lagi lah ya biar makin yakin bukan penipuan. Kali ini adminnya ngasih penjelasannya jelb jleb jleb meyakinkan yauda deh aku langsung daftar dan belajar hari itu juga.

Hari pertama..

Dikenalin sama mesin jarum satu, diajarin cara masang benang dan sekoci, cara menghandle mesin dan mengunci jahitan. Terus disuruh pindah ke mesin obras, diajarin cara handle mesin. Terus pelatihnya dateng lagi disuruh pindah ke mesin obras sebelah, katanya "kakak perhatiin alur benang benang ini terus dibongkar terus dipasang lagi, gitu terus sampe hapal" dan aku ditinggal 😭 mbuh lah mana aja lubang yang harus dilalui, intip intip dikit mesin sebelah deh. Setelah bosan bongkar pasang benang aku obras ajalah pake mesin itu, eh kok beda hasil jahitannya sama mesin sebelah ya? Ah udalah uda capek banget, laper, ngantuk akhirnya aku izin pulang. Pas pamitan kedua pelatih yang ngajarin tadi lagi break jadi pamit sama pelatih lain aja. Aku sempet tanya apa emang beda mesin beda pola jahitan. Katanya sih ga, pas dilihat rupanya ada lubang yang ga dimasuki πŸ™ˆ

Hari kedua...

Habis pulang kerja malem langsung tidur terus bangun jam 1an. Mandi, sholat beberes terus pergi kursus. Sampe sana disuruh merhatiin benang obras dan bongkar pasang lagi. Loh loh loh kok satu lubang satu benang ya? Aku kemarin masukin benang 1 dan 2 di jarum 1 terus benang 3 dan 4 dijarum 2. Ya pantesan polanya beda.. terus aku bandinginlah sama mesin sebelah. Ini cara masukin benang 3 gimana ya? Lubangnya itu pas banget di bawah jarum dan posisinya itu gabisa digeser. Setelah capek mencoba akhirnya aku nanya ke pelatih 1 eh disuruhnya bocah buat ngajarin aku donk. Ya gapapa sih emang tuh bocah lebih pinter dari aku cuma kata kata dan nada ngomong pelatihnya itu yang agak bikin minder. Gini dia bilang "ajarin dulu itu dek, gabisa katanya" kalo diketik gini biasa aja ya tapi kalo dipraktekin ngomong wuihh kayak nyepelein banget. Uda bosan bongkar pasang benang ga ada tanda tanda mau diajarin materi lain akhirnya aku datengin pelatih 1 buat minta liatin uda bener apa belum. Benang 1 dan 2 ok, benang 3 lewat 1 lubang benang 4 salah masukin arah benang. Terus disuruh lagi perbaiki dan ditinggal. Bongkar pasang lagi sampe bosen. Aku panggil lagi pelatihnya. Kali ini dia suruh seniorku yang ngecek. Hasilnya OK terus aku ngobras aja kain yang ada di deket mesinku. Uda 2 jaman aku izin pulang. Pas sampe rumah ditanya mama uda bisa apa hari ini? Itu rasanya seneng banget. Kayak kegiatanku kali ini didukung banget. Padahal pas pertama bilang mau belajar jahit ditentang banget. Nyapek nyapekin badanlah, ngabisin uang, kayak sekolah lagi, uda ga ada lagi orang yang butuh penjahit dan kalimat lainnya.

Hari ketiga...

Pelatih 1 ga dateng jadi aku dihandle sama pelatih 3, disuruh pasang benang, dipuji mahir karena aku cepet masangnya (yaiyalahduaharianbongkarpasangbenang sampesakitpinggangsakitpantathuffth). Terus aku disuruh pindah mesin, dikasih bahan diajari menyatukan pola pola. Dan inilah hasilnya... jeng jeng..
sampe rumah langsung pamer sama mama. Terus dikomenin "nanggung banget ukurannya, coba request size jadi bisa dipake" padahal abis itu dia pamer ke putri kalo aku habis bikin baju πŸ˜… dasar emak emak tsundere.

Hari keempat...

Btw bajunya aku cuci nanti mau dipajang buat kenang kenangan (eh.. malah mau dikasih mama ke putri). 

Pas dateng ke kursus ditanyain "uda bisa obras? Bisa pasang benang? Mesin jarum 1?" Karena trauma sama kebosanan kemarin aku jawab aja bisa semua. Terus dibantuin pelatih 2 "dia uda bikin baju". Tapi pas disuruh nulis aku ga punya buku. Jadi pelatih 1 komplen ke pelatih 2 "kok uda bikin baju? Buku aja dia ga punya". Kata pelatih 2 nya "kemarin dikasih bahan". Yauda aku disuruh beli buku sama pena deh. Terus disuruh catet yang di papan tulis sama di modul. Aku dibantuin ngukur sama senior. Terus aku disuruh gambar ukuranku itu. Ya aku ga ngerti kan ya belum diajarin uda disuruh aja jadilah gambarku seperti ini...
pas aku tanya ke senior, rupanya disuruh buat pola seperti ini...

oala... (itu nambah kertas saking panjangnya badanku eh rupanya salah ukuran pula) beginilah hasilnya kalo disuruh ngerjain tugas tanpa diajarain dulu buibu.. rupanya lengkungan di pojok kiri itu bukan tambahan garis tapi dari bagian persegi panjang. 

Setelah itu kita diajarin step step bikin pola. Pelatih 1 ngajarinnya agak ngebingungin dan rekanku agak kesulitan nangkep jadilah keluar kata kata yang bikin aku trauma "sekolah ga sih?" Busettt.. kasar amat. Aku tuh Alhamdulillah ngerti karena duluan beberapa jam belajarnya dari rekanku itu. Aku uda liat modul dan nanya senior juga. Lah rekanku bener bener belajar dari awal banget langsung dikatain kayak gitu. Hmm

Yauda deh sampai jumpa lagi di hari kelima besok~~ babaii

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tante A.R.M.Y bercerita

My foreigner friends

Saranghae il woo oppa