meet SG in SG

Bismillahirrahmanirrahim

14 febuari 2023 Yoongi live sambil spill-spill kalo dia mau ngadain solo world tour. Jam 10 malemam akun official ngepost poster tanggal tour di US. Ikut seneng lah. Terus scroll twitter kok pada heboh katanya Yoongi mau ke Indo padahal di poster cuma US aja. Aku kepoin donk ya and then.... jajajajajajaja Indo, Singapur and Thailand dapet jatah. Langsung deh menyusun skenario biar bisa ketemu dia. Waktu itu shift malem. Sepanjang kerja uda ga konsen lagi mau ngapa-ngapain pokoknya di otakku cuma mikirin apa aja yang harus disiapin buat ngonser.

Mulai cari info kan ya. Bikin Army membership biar dapet kesempatan war lebih banyak (BTW bener kata orang mimpi tuh harus tinggi. Kayak gini, aku mimpi buat nonton konser suga budget 5jt jadi pas daftar membership 250rb tuh terasa kecil. Padahal uda 5 tahun jadi army gabisa jadi membership karena mikirnya mahal banget 250rb tuh), terus ngepoin siapa promotornya (Langsung aku aktifin lonceng), ticketingnya (langsung bikin akun), tata cara war nya (mulai latihan ngewar biar tangan sat set), jenius app, traveloka, agoda, warnet, kacamata dll deh.

Tanggal 27 april rencananya mau nyobain ikut war general sale yang di Indo (bodohnya, karena aku fokus mau nonton yang di sg jadi yang di indo dan thai ga aku apply membershipnya) eh kebetulan ada army yang minta bantuin war. Yauda pake akun dia deh. First time buat aku. sumpah capek banget ngerefresh terus. Dapet kaga. Uda mau payment ketendang, pernah lagi baru masuk uda full booked. Terus masuk ke twitter uda rame orang nanyain. Eh eh eh rupanya... pantes aja.

3 april army membership war di singapur. Dari seminggu sebelumnya aku chat kang warnetnya mau ngerental dari jam 9 sampe jam 11 aja. Cuma di read. Terus tanggal 2 nya aku chat lagi ngabarin aku jadi ngerentalnya. Di read aja. Hari H nya aku chat lagi nanya uda buka belum tokonya. Di read aja. Yauda jam 9 aku kesana. EH TUTUP. aku chat kan nanyain ini tutup seharian apa belum buka aja? Di read lagi donk. BANG*** marah banget pokoknya. Mana pas puasa, hujan pula. Jadi aku keliling nyari warnet pake jas ujan sampe ke genta. tiap tempat fotocopy aku tanyain dimana warnet. Semua yang ditunjuk pada tutup. Terus balik lagi ke arah polsek eh ada kang fotokopi nyuruh ke nato. Nyampe kesana ga ketemu juga warnet. Terus ke tempat fotokopi lagi rupanya bisa sewa komputernya. Lega deh.

09.43. Mulai login. Buka di chrome, firefox dan hp. Pas teng jamnya dapet queue dulu biar bisa ke web nya ticket master. Liat donk Q nya..

Yang chrome 58rb yang firefox 94rb ngantri sekitaran 1 jam. Waw waw waw waw. Kedua temenku juga antri sekitaran 90rb an. Eh tapi liat donk antrian di hp ku
6ribu donk 😎 nunggu sekitaran setengah jam. Pas giliranku tiba langsung dikirim ke web ticket master buat milih kursi. Uda dapet kursi terus bayar. Nah pas bayar kok ga muncul permintaan nomor kartu. Langsung dm ticket master kan nanyain kenapa. Tapi ga dibales. Yauda aku coba klik continue order malah ke halaman lain. Ya ampun itu degdegan banget. Takut banget gagal payment gara-gara salah klik. Terus aku back balik lagi ke payment. Uh lega nya. Aku liatin kan mana ini erornya. Rupanya... ga ngisi shipping to 😭 Ya Allah mana tinggal 5 menit lagi. Abis di klik shipping to terus print at home baru deh minta nomor kartu terus check out. BERHASIL!!

Bentar aja. Cuma 15 menit dapet tiket. Sat set banget deh. Terus langsung print biar sekalian. Jempol buat ticket master sg dan live nation.

Uda nyampe rumah baru kepikiran kayaknya tadi akun ticketmaster ku ga ku logout deh. Tapi gapapalah paling juga keluar auto nanti pas komputer dimatiin, eh tapi gimana kalo setelah aku ada yang pake? Nanti dia ambil tiketku. Bingung deh tuh sampe deket hari H. Aman ga ya tiketku? Kalo dipake orang terus dia duluan yang masuk venue aku gabisa masuk lagi donk. Aduh degdegan banget.

Suatu malam grup chat heboh sama penipuan tiket. Terus ada yang nyaranin buat telpon orang tiketmaster buat ganti metode pengambilan tiket. Aha akhirnya keresahanku ada jawaban. Karena malem itu aku ga ada pulsa jadi aku pake layanan QnA di web aja dan kirim email. Eh besok paginya tim mereka donk yang nelpon aku. Sumpah aku ga ngerti dia ngomong apaaaa 😭 englishnya aneh banget. Cuma kedenger dia ngomong email, payment, come early. Kalo gasalah dia bilang "aku kirim link ke emailmu". Tapi karena lagi nelpon internetnya mati jadi gabisa buka email. Terus aku bilanglah kan ya aku gabisa buka tapi dia terusan ngomong email email. Uda ga nyambung lagi tuh obrolan kita. Akhirnya dia nyerah terus bilang yauda kamu datang cepet aja hari H terus tuker tiketnya di box office. Abis tutup telpon aku cek email. Oala rupanya link pembayaran. Yauda aku klik terus bayar kan. Eh kok ga ada konfirm uda ditungguin lama juga. Aku tanya lagi kan "aku uda bayar nih tolong di cek ya". Terus katanya link nya uda expired (karena batas waktunya cuma 10 menit) nanti uangnya kita refund dalam waktu 14 hari kerja (huhh mana pas refund dolar lagi turun. Rugi deh 16rb). Tapi masih agak waswas kan karena katanya harus ada reservasi dulu terus dapet nomor order baru bisa tuker tiket. Tapi Alhamdulillah pas ngantri cuma ngasih print out tiket lama sama nomor order tiket yang di tiketmaster. Setelah dapet tiket fisik tuh lega banget. Alhamdulillah tiketku selamat.

Saatnya berburu hotel. Buka traveloka paling murah 1,3 jutaan. hotel kapsul 600an. Mahal ya. Terus nyari di agoda nemu yang 1 jutaan buat 1 kamar bisa diisi 2 orang. Yauda deh ambil itu aja. Tempatnya juga di kallang deket venue.

Bimbang soal tiket fery takut kehabisan karena lonjakan orang yang mau berangkat ke sg hari sabtu. Tapi dipikir-pikir ga mungkin kan army batam sampe 1000 orang kesana terus berangkat hari sabtu jamnya sama semua. Walaupun di grup ada info kalo di harbour uda penuh jadi butuh reservasi. Aku santai aja sih. Yang penting dateng pagi. Kalo kehabisan yang jam 7 yauda berangkat aja jam 8/9/10 atau sedapetnya lah. Eh baru keinget donk temenku kesini hari jumat. Yauda aku jemput aja sekalian beli tiket dan boarding pass. Untung masih dapet berangkat yang jam 7. Eh pas di kapal kayaknya ga sampe 50 orang tuh πŸ˜….

Uda sampe sg kita langsung ke venue, bodohnya ga nanya betul-betul naik mrt apa aja. Akhirnya turun di kallang terus jalan 30 menitan ke stadion. BODOHHH. Padahal ada mrt yang turun langsung di stadion. Hari itu aku jalan sampe 18rb langkah. Padahal biasanya 4-6rb aja per hari.

Uda sampe venue terus tuker tiket, makan siang, nyari freebies terus ke hotel. Sialan banget sih aku dilewatin terus tiap ada yang bagi freebies. Yang antri di depanku dikasih di belakangku di kasih lah aku dilewatin 😭😭 dikiranya aku calo kali ya karena ga ada atribut bangtan sama sekali. Jadi ga perlu dikasih freebies. Jadi aku dapetnya segini aja ges. Itupun temenku yang mintain

Pelajaran banget lain kali jangan ceroboh. Antri tiketnya panjang dan lama banget. Mana panas menyengat. Bayar lagi 5 dolar. Ngabisin waktu 4 jam. Mending buat istirahat atau jalan-jalan kan? Sibal.

Sampe hotel sholat zuhur terus tidur. Bangun jam 4 eh namjoon live streaming festa anniv ke 10 donk. Seneng banget tapi sayangnya gabisa konsen lagi karena uda mau siap-siap balik ke venue. Jam 5an berangkat sampe sana 5.30 langsung antri masuk. Panjang banget woii antriannya. Untungnya tim cek badannya banyak jadi ga terlalu lama banget. Ada kali sejam sampe ke kursi kita.

Pas banget. Ini maksudnya view yang ku mau. Di ujung panggung. Biar ngeliat depan ga dipunggungin suga. Mana pas banget diatas vip. Jadi itu posisi cat 2 paling depan. Alhamdulillah rezekinya bagus banget.
Kalo diliat langsung artisnya aslinya besar ya ges ya. Tapi dikamera jadi kecil kayak korek api. Aku aja tuh ngeliat suga nya langsung ga lewat layar besar

Ini link kalo mau liat fancam ku ya. Suaranya heboh tapi gambarnya burik. Maklum diambil pake galaxy jadul

Bagusan di yt sih uda ku atur playlistnya sesuai rundown nya. Kalo di ig berantakan karena pas upload sekali banyak terus sinyal jelek jadi suka-suka dia aja mana yang mau di post duluan. Mana yang medley kepotong jadi gabisa post sampe 6 menitan.

Keluar venue jam 9 lewat. Karena kita foto dulu minjem army bomb orang. Eh btw aku ngerti loh kalo yoongi atau filo army ngomong english. Tapi kenapa singlish susah banget Ya Allah 😭😭

Sampe luar kita kumpul lagi berlima foto di poster agust D. Rencananya mau jalan dulu karena ga terlalu capek. Tapi takut gabisa pulang karena mrt uda stop jam 10an. Adanya cuma bis midnight. Akhirnya kita balik ke hotel aja gajadi jalan.

Sampe hotel mandi air anget. Enak banget woy. Sayangnya ga ada ember jadi gabisa ngerendem kaki. Terus sholat isya sekalian maghrib. Ampuni hamba Ya Allah sengaja ngelewatin maghrib πŸ™ˆ soalnya disana maghribnya jam 7.13 dan konsernya jam 7. Kalo uda masuk venue gaboleh keluar lagi. Kalo mau sholat dulu bisa masuk jam 7.30an kali. Kalo mau sholat di dalem sambil duduk agak aneh juga. Masa lagi jedag jedug daechwita aku sholat. Astaghfirullah.

Terus nontonin lagi fancamku. Suaraku jelek bangettt 😭. Uda selesai nonton mencoba tidur walaupun susah. Kebangun jam 3 lanjut nonton lagi sampe subuh. Terus mandi sholat nonton lagi. Siap-siap ketemuan sama rombongan di changi. Foto-foto aja. Terus ke bugis makan siang dan beli oleh-oleh. Di bugis agak ndeso ya. Mau jajan gabisa pake kartu. Sekalinya bisa minimal belanja 20 dolar kena charge pula 3%. Terus diajak ke ABC belanja disana. Uda ngambil beberapa. Pas mau bayar gabisa juga donk pake kartu. Masa kalah sama vending mesin sih. Eh tapi di hitung-hitung uangku cukup deh. Aku punya 15 dolar jajan cuma 12an aja. Paling nanti kalo mau beli air cari yang bisa pake kartu.

Pengen jajanan kaki lima. Menggoda banget. Ada ceker tanpa tulang terus odeng-odengan. Tapi gajadi soalnya ga ada tulisan halal.

Terus lanjut ke merlion. Sumpah aku uda capek banget. Mana salah naik bis lagi. Akhirnya naik mrt. Aduh aku uda ga kuat lagi. Hari itu 13rb langkah (pas di merlion). Gamau jalan lagi rasanya. Tapi kok sayang kalo ga foto. Belum tentu dalam waktu dekat kesana lagi kan. Abis tuh langsung ke pelabuhan. Naik tangga lagi. Capek bangettt. Akhirnya kita disuruh duduk aja pas nyampe dalem. Cuma 2 orang yang ke atas buat boarding pass. Belum boleh masuk waiting room. Jadi kita nunggu diluar dulu. Aku manfaatkanlah buat tidur. Pas gerbang uda dibuka kita masuk ke waiting room nunggu jam 8 kapal berangkat. Eh mataku melek donk nontonin Day 3 live streaming. Padahal kemaren uda nonton langsung tapi masih ga puas juga.

ini foto di changi airport

With baby eh daddy jungkook

Di merlion

Marina bay

Akhirnya kita bisa bikin foto kayak orang-orang.

Kesimpulan:

- selama konser puas banget. Cuma agak kurang greget karena aku ga ngeliat suga nangis (Soalnya aku ngeliat orang aslinya bukan dari layar besar).

- konsernya cuma 2 jam donk. Padahal aku nyiapinnya 4 bulan 😭 tapi gapapa sih yang penting puas 2 jam itu. Bener-bener nikmatin banget.

- pengen nonton lagi... ga cukup kalo cuma sehari. Maunya 3 hari di singapur terus ngikutin dia di setiap negara.

Mudah-mudahan ada kesempatan berikutnya buat nonton lagi terutama ot7. Bismillah.. Ya Allah tolong diizinin πŸ™

Btw aku habis uang kurang lebih segini buat 2 hari 1 malamπŸ‘‡

membership: 250.000
Tiket konser: 3.350.000
tiket fery pp: 730.000
Hotel: 550.000
Mrt/bis: 170.000
Makan/jajan: 600.000

Oh ya ada pengalaman ga nyenengin pas pulang. Jadi kita pesen grab yang 2 titik antar. Karena kita misscom jadi kirain yang turun duluan cuma bayar buat dia. Supirnya ga bilang kalo uda dibayar semua. Jadi kita bayar ajalah kayak ongkos dari pelabuhan ke rumahku (aslinya sagulung ke batu aji). Terus besoknya temenku ngomongin masalah ongkos grab itu kan. Yauda sih gapapalah anggap aja sedekah karena habis ketemu suga. Eh pas diceritain aslinya aku gajadi ikhlas donk. Temen kita yang order itu chat supirnya eh supirnya bohong. Katanya kita yang mau ngasih sendiri buat tip bukan ongkos. Walaupun cuma 80rb aku ga ikhlas ya pak supir. Bukan karena uangnya tapi karena bohongnya 😀