Nonton lumba-lumba

Bismillahirrahmanirrahim

Udah 2 minggu yang lalu sih mau ngepost tapi ga sempet mulu. Biasalah masih banyak kuota jadi rada sombong sama yang offline.

Temenku cerita pengen ngajak anaknya nonton pertunjukan lumba-lumba. Jadi ngiler pengen nonton juga. Sebenernya waktu masih kecil dulu udah pernah diajak mama nonton tapi aku masih terlalu kecil untuk ngerti. Entahlah dari semua atraksinya yang ku ingat cuma ada anak kecil yang naik perahu terus didorong sama lumba-lumba. Kayaknya aku udah 2x diajak nonton. Yang pertama waktu foto sama lumba-lumba itu waktu masih bayi. Mungkin 1-2 tahun lah. Ga inget sih cuma ngeliat fotonya aja. Terus waktu foto sama anjing laut udah sekitar 4-5 tahun. Itu yang masih nyisa dikit banget memorinya.

Jadi dari sisa sedikit memori itu aku pengen berbagi kesenangan dengan adikku. Kalo mengaharap mama mau ngajak dia nonton ga mungkin lagi. Jadi akulah yang harus menunjukkan gini loh kehidupanku waktu kecil dulu. Lagian dia juga udah denger dari temen-temennya terus minta nonton juga. Ya udahlah inilah waktuku. Mungkin nanti ketika dia udah besar dia yang harus membagi kenangan itu dengan generasi selanjutnya.

Sebenernya aku ga tau pasti jam berapanya. Pas nyari info di google pun cuma dapet sedikit data itupun ga jelas. Yaudahlah langsung aja pergi kesana sebelum maghrib. Pas banget sama jam pulang orang kerja. Udahlah macet, ada perbaikan jalan pula. Jadi harus muter dulu. Yang biasanya ga nyampe setengah jam ini harus lebih dari satu jam dilalui. Astaghfirullah untungakuorangnyasabar

Pas nyampe sana jam 6.30, langsung beli tiket yang jam 8. Bingung sih mau yang biasa apa vip. Soalnya dari penerawangan ki joko pinter ga bakal rame orang. Sapa tau kita bisa menyelinap ke vip walaupun tiket biasa. Tapi kalo penerawangan nya salah rugi besarlah ga bisa liat tuh makhluk imut dari deket. Ya udahlah beda 40ribu ini kok ambil aja yang vip.

Kan kita masih punya waktu 1,5 jam lagi ke jam 8. Untungnya disana udah ada spot foto yang cantik-cantik kayak gini nih







Terus kita beli es krim.
Nah karena waktunya masih lama jadi kita duduk dulu di angkringan. Eh terus ada mbaknya dateng nawarin menu. Ya kita tolak dong, orang kita cuma numpang duduk. Terus datang lagi masnya nawarin juga. Ya kita tolak juga. Wah wah daripada bikin salah paham gini mending pindah tempat duduk aja deh. Eh rupanya dideket loket nya disediain tempat duduk buat nunggu. Ya udah kita berpasrah diri disana aja. Dan ga lama kemudian ada pengumuman waktunya untuk masuk. Deg-degan sih gimana ruangan nya nanti. Ealah rupanya kecil banget. Kolam nya juga kecil banget. Tapi karena langsung disambut sama dua ekor, kepala, badan dan sirip tentunya, jadi lupa sama kekecilan kolamnya. Perasaan waktu dulu aku nonton kolam nya besar deh. Apa akunya yang membesar jadi kolamnya terasa kecil.

Dibuka oleh pengenalan hewan-hewan yang ditampilkan, dari habitat, makanan, kehidupan sosial dan lainnya dikasih tau. Pas banget sih buat tuan putri kami yang sekarang kelas 6. Udah bisa mengingat data-data yang dikasih. Ga cuma dapet seneng aja.

Terus interaksi pelatih, hewan, komentator dan penonton juga bagus. Jadi ga bosen. Kita diajak ketawa sama kekonyolan pelatihnya dan takjub sama kepintaran hewannya.

Yang pertama tampil berang-berang

Terus anjing laut

Terus si bintang utama




Entah gimana interaksinya pelatih dengan si hewan sampe mereka bisa nurut gitu. Apa dengan suara, gerakan atau musik.

Katanya sih latihannya keras. Hewannya dibikin laper dulu jadi kalo mau makanan harus "kerja" dulu. Kasihan sih. Harusnya mereka hidup dialam bebas bersama orang tua dan koloni nya. Tapi sebagian mereka dipaksa kerja. Jadi keinget -jaman penjajahan- finding nemo.
Tapi ada sisi positifnya juga sih terutama untuk pengenalan ke anak, menambah wawasan, untuk hiburan dan pemasukan keuangan untuk para pelatih dan orang-orang dibelakang layar. Secara, sekarang kan banyak pengangguran.

Tapi serius deh aku pengen jadi pengasuh hewan. Kayak di video-video panda yang lucu itu. Atau penangkaran orang utan sebelum dilepas ke alam bebas. Atau penangkaran lumba-lumba yang sakit atau paus kayak di film free willy. Tapi bukan untuk pelatih untuk pertunjukan gini. Kayaknya ga tega gitu menggunakan mereka untuk nyari uang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tante A.R.M.Y bercerita

My foreigner friends

Saranghae il woo oppa